Rabu, 03 Februari 2016

8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun Bidara

Advertisement

Pohon bidara adalah jenis pohon yang termasuk dalam kelas semak. Pohon bidara dapat tumbuh subur di berbagai wilayah. Penyebaran bibit pohon bidara banyak dilakukan oleh burung yang memakan buah bidara.
manfaat daun bidara
Pohon ini memiliki ciri-ciri seperti belukar dan bisa tumbuh dengan cepat. Semua bagian kayu pohon bidara dapat bercabang dan juga banyak mengandung duri. Karakteristik daun dari pohon bidara berbentuk lingkaran atau elips kecil dan berwarna hijau dengan permukaan yang mengkilap. Semua bagian daun memiliki garis-garis daun yang terlihat sangat jelas. Buah dari pohon bidara berbentuk lingkaran kecil dengan warna hijau pada awalnya dan akan berubah kuning kecoklatan setelah masak.
Di beberapa negara seperti China dan India, pohon bidara diambil daun dan buahnya untuk dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Berikut ini manfaat daun bidara.
1. Mempercepat Penyembuhan Luka
Luka yang disebabkan karena jatuh, leKandungan senyawa yang ditemukan dalam daun bidara kering ternyata juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Hal inilah yang menyebabkan pemakaian daun bidara kering untuk pengobatan diabetes terbukti ampuh.
Diabetes bisa terjadi karena tubuh tidak bisa mengatur kadar gula dalam darah, kerusakan sistem insulin dalam tubuh akan menyebabkan menyebabkan bisa beberapa resiko penyakit lain seperti ginjal dan jantung. Daun bidara kering yang dikonsumsi seperti teh bisa menstabilkan kadar gula dalam darah dan mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin
Daun bidara kering yang ternyata juga memberikan efek yang sangat baik bagi orang yang memiliki nafsu makan rendah. Senyawa dan aroma menyegarkan pada daun bidara mampu membuat seseorang bisa meningkatkan nafsu makan.
Secara umum, daun bidara yang diolah menjadi kapsul atau teh akan mempengaruhi sistem pencernaan sehingga bisa merubah pola makan sebelumnya. Pemakaian daun bidara untuk meningkatkan nafsu makan juga bisa digunakan untuk masa pemulihan setelah sakit.
Daun bidara juga sangat baik digunakan sebagai pakan ternak. Daun bidara mengandung manfaat protein yang tinggi, meningkatkan nafsu makan dan mencegah gangguan pencernaan pada hewan seperti domba dan sapi.
Daun bidara yang kering maupun masih segar bisa dicampur dengan jenis daun lain seperti rumput maupun daun nangka.
Tips Penggunaan Daun Bidara
Pemanfaatan daun bidara untuk mengobati berbagai jenis penyakit memang sudah sangat dikenal. Namun tidak semua daerah bisa mendapatkan daun bidara dan harus mengambil dari daun bidara dari daerah lain baik dalam bentuk kapsul, bubuk maupun serbuk.
Berikut ini adalah beberapa tips penggunaan daun bidara :
  • Bagi ibu hamil atau ibu menyusui, yang ingin mengkonsumsi daun bidara sebaiknya berkonsultasi dengan pakar medis. Hingga saat ini belum ada penelitian yang mengungkapkan efek samping pemakaian daun bidara untuk ibu hamil, tapi tidak ada salahnya jika Anda bersikap waspada.
  • Pemakaian daun bidara untuk obat diabetes Untuk menggunakannya, perlu dilakukan secara hati-hati karena jika salah racik maka bisa menyebabkan resiko pada kadar gula.
  • Pemakaian daun bidara segar atau bubuk, Keduanya sebaiknya harus menghindari kontaminasi dari berbagai tempat yang terbuat dari logam atau besi.


1 komentar: